Kandang Ternak Kelinci Modern

kandang kelinci modern

Kumis Kelinci - 085779262894 (tlp/sms/WA) pin: 7CDA1736.

Pada zaman dulu leluhur kita memelihara kelinci kebanyakan di umbar dan ini berlangsung beberapa generasi, dan memang pada awalnya kelinci yang ada di nusantara kita ini dipelihara hanya untuk binatang kesayangan, bukan untuk skala industri yang perawatannya dilakukan secara intensif.

Jadi memang sangat wajar pola perawatan yakni sistem perkandangan sampai sistem pemberian nutrisi masih dilakukan secara tradisional dan itupun secara kebutuhan kelinci sudah cukup untuk ukuran saat itu.

Waktu pun berlalu dan kebutuhan manusia akan kelinci ternyata terus mengalami kenaikan, tentu dengan tujuan yang sangat beragam, ada yang dipelihara hanya untuk hewan peliharaan, ada yang dipelihara untuk diambil dari tubuh kelinci seperti bulu, daging, dan kulit.

Naiknya kebutuhan manusia akan kelinci ini maka banyak lahir inovasi atau improvisasi dalam dunia perkelincian mulai dari pakan matau makanan kelinci sampai pada sistem perkandangannya.


Tujuan dari semua ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari kelinci itu sendiri, ya kualitas dan kuantitas adalah dua faktor yang dikejar oleh para inovator dalam dunia perkelincian, kuantitas yang dimaksudkan adalah banyaknya jumlah anakan yang dihasilkan oleh indukan dan kualitas adalah kualitas individu itu sendiri, misal untuk kelinci pedaging, perolehan daging tiap ekor bisa ditingkatkan, untuk kelinci hias kualitas bulu dan juga tampilannya semakin bagus.

Sistem perkandangan untuk ternak kelinci modern memegang peranan yang sangat penting, dimana dengan sistem perkandangan yang sudah dikembangkan, dengan luas lahan yang sama maka akan bisa menampung kelinci jauh lebih banyak, sehingga secara hitung-hitungan ekonomi akan sangat menguntungkan.

Tapi kapasitas kandang bukanlah segala-galanya, faktor kenyamanan dan kesehatan kelinci juga tidak bisa dikesampingkan, karena ini adalah faktor yang tidak bisa ditinggalkan dalam budidaya ternak kelinci, nah dalam postingan atau artikel selanjutnya akan kita bahas secara mendetail apa dan bagaimana kandang ternak kelinci modern itu, Insya Allah ya sob...!

Oke sob saya cukupkan sampai sini dulu ya, jika ada kebutuhan temen-temen terkait kelinci sampai kelengkapan dalam budidaya kelinci, silahkan hubungi kami di 085779262894, saya sarankan temen-temen untuk menghubungi via whatsapp ya, soalnya saya lebih sering buka WA dibandingkan dengan BB nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar