Kandang Ternak Kelinci Modern Part II


Kumis Kelinci - 085779262894 pin: 7CDA1736.

Selamat datang kembali sobat kelinci, makasih sebelumnya udah balik lagi ke web ini, dan kali ini kita teruskan bahas masalah kandang ternak kelinci modern ya, oh ya untuk tulisan sebelumnya temen-temen bisa buka di sini, silahkan baca-baca yang baru masuk ke sini ya, abis itu kita lanjutkan di sini.

Oke sob, di tulisan sebelumnya saya udah ngasih sedikit prolog ya tentang kandang kelinci modern, dan kali ini kita akan bahas detailnya, apa aja sih detail kandang kelinci modern itu? berikut ini adalah salah satu faktor yang harus kita perhatikan.

Pertama adalah faktor dimensi kandang itu sendiri.
Seperti yang saya singgung di prolong, bahwa umumnya leluhur kita memelihara kelinci dalam alam bebeas atau di umbar di halaman, dimana kelinci akan sangat bebas beraktifitas kesana kemari, tapi hal ini minusnya, yakni kita membutuhkan area yang sangat luas, dan peternakan modern ciri khasnya adalah tiap individu mendapatkan perhatian yang khusus, dan hal ini bisa dilakukan jika kita meletakkan kelinci dalam kandang yang kita batasi ruang geraknya.


Dimensi yang digunakan akan berbeda tergantung dari jenis kelincinya (mini, sedang, besar). Nah karena saya kebanyakan adalah kelinci sedang (kelinci pedaging) maka saya lebih faham dimensinya untuk kelinci sedang jenis pedaging. Dimensi kandang yang saya gunakan adalah panjang : lebar : tinggi adalah 60 cm : 45 cm : 40 cm, 1 hole atau satu pintu ini saya peruntukkan untuk 1 ekor kelinci indukan.

Kedua adalah desain kandang.
Desain kandang yang tepat adalah yang bisa menyesuaikan dengan lingkungan dan rumah kandang (jika lokasi kandang adalah indoor), dan patokan dalam mendesain kandang adalah kelinci bisa bergerak normal dan juga tidak tersiksa.

Tiap peternak kelinci biasanya memiliki desain kandang mereka sendiri-sendiri menyesuaikan sesuai dengan keutuhan dan kondisi lingkungan, nah sebagai pemanasan di google sudah banyak yang memposting desain kandang dan temen-temen tinggal improvisasi dikit.

Ketiga adalah kontrol nutrisi.
Berbeda dengan ternak kelinci skala rumahan atau tradisional, dimana pemberian nutrisi tidak terkontrol dan lebih terkesan ala kadarnya, dalam membangun kandang kelinci modern kontrol dalam hal nutrisi menjadi hal yang wajib, karena kita sudah masuk dalam bisnis, jadi semua ada hitung-hitungannya.

Pemberian pakan yang ideal adalah menggunakan pelet atau pakan konsentrat dan hay. Mungkin saat saya sebutkan hay beberapa temen-temen merasa mahal atau bahkan masih asing dengan sebutan hay..? nah biar saya ndak mengulang pembahasan, buat temen-temen yang pengen tau apa itu hay silahkan meluncur ke sini ya....

Oke kita balik ke topik masalah nutrisi untuk kelinci, hay ini sebenernya kita bisa ganti dengan hijauan yang ada di sekitar kita, tapi kita harus ingat ya, pemberian makanan dalam bentuk segar sangat sangat rawan sekali menyebabkan kelinci kembung lalu timbul mencret dan berujung pada kematian kelinci tersebut, tidak butuh waktu lama antara kembung sampai meninggal jika kita tidak jeli mengenali kelinci yang terserang kembung ini.

Nah makanan dalam bentuk matang adalah solusi yang pas, jika temen-temen merasa biaya untuk pembelian hay, temen-temen bisa membuat hay sendiri, yang sering saya lakukan adalah membuat hay dari tanaman lokal yang ada di sekitar kandang terutama rumput odot. Dan makanan kelinci yang sudah matang yang lain adalah pelet atau konsentrat, ini adalah makanan komplit yang siap makan. Saran saya buat temen-temen yang kelincinya sudah muali banyak meracik makanan sendiri yang sudah saya buatkan tutorialnya di youtube rada memakan waktu juga, tapi balik ke waktu temen-temen sih. Jika sudah full ndak akan masalah.

Oke sob saya cukupkan di sini dulu ya....,  nanti kita lanjutkan lagi masih setengah pembahasan kok. Semoga bermanfaat ya sob....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar